Sakit Kepala Karena Kehujanan?

Kehujanan dan hawa dingin yang menusuk memang bisa memicu sakit kepala. Tetapi penyebab dari sakit kepala karena kehujanan ini, bukan karena kandungan dalam air hujan. Seperti yang selama ini dikira banyak orang http://health.detik.com

Benarkah Kehujanan dapat Menyebabkan Sakit Kepala?

Air hujan yang menyiram kepala membuat suhu tubuh menjadi lebih dingin. Terutama pada bagian kepala. Hal inilah yang menyebabkan kepala kita pusing.

Perubahan suhu tubuh yang mendadak saat terkena air hujan, memicu penyempitan pembuluh darah. Hal ini yang menyebabkan kepala kita sakit. Perubahan suhu ruang yang pada awalnya normal, kemudian menjadi dingin, memaksa tubuh beradaptasi dengan cepat.

Pengaruh Perubahan Cuaca Pada Ketahanan Tubuh Kita

Pada saat ini, cuaca sangat tidak menentu. Pagi yang cerah, tiba-tiba berawan kemudian hujan. Jika sering beraktifitas di luar ruangan, kita akan sering kehujanan di jalan. Mungkin kita lupa tidak membawa payung atau tidak memakai jas hujan. Karena itu pakaian menjadi basah.

Banyak orang yang mengeluhkan sakit kepala, demam, hidung tersumbat atau berair, batuk, dan menggigil kedinginan setelah kehujanan karena situasi ini. Pada saat daya tahan tubuh kita baik, mungkin kita tidak akan mengalami keluhan ini. Tetapi pada saat imun kita rendah, maka kondisi diatas tidak terelakkan lagi.

Sebuah Studi di Jepang

Sebuah studi di Jepang yang melibatkan 28 orang dengan riwayat Migren. Para peneliti membuat jurnal sakit kepala selama satu tahun. Frekuensi Migren meningkat pada saat tekanan Barometrik lebih rendah sebesar 5 hektoPascal (hPa). Dan frekuensi Migren menurun pada saat tekanan lebih tinggi.

Mandi dan Mencuci Rambut dengan Menggunakan Air Hangat Pemanas Air Tenaga Surya dapat Meredakan Sakit Kepala Sakit Kepala Karena Kehujan

Setelah terkena air hujan, langkah terbaik yang harus kita lakukan adalah mandi dan mencuci rambut. Mandi dan mencuci rambut terbaik adalah menggunakan air hangat. Ini adalah cara sederhana dan telah lama digunakan orang tua dan masyarakat pada umumnya.

Dengan mandi dan mencuci dengan air hangat akan memulihkan pembuluh darah ke ukuran normal. Sehingga distribusi oksigen menuju otak dan ke berbagai bagian tubuh kembali optimal. Air hangat menghilangkan senyawa asam yang dibawa oleh air hujan. Air hangat juga membersihkan tubuh dari kotoran dan virus. Sehingga kita terhindar oleh sakit kepala karena kehujanan.

Oleh : pemanasair.com