Mandi Air Hangat dapat Menurunkan Demam

Hallo Inti Solar Frenzie… Mandi air hangat sangat membantu menurunkan demam Anda. Air hangat mempercepat terjadinya evaporasi sehingga pori-pori akan terbuka. Pembuluh darah melebar dan hawa panas dari dalam tubuh akan keluar dan menguap.

Langkah Mudah untuk Menurunkan Demam

Banyak beredar cerita menakutkan mengenai bahaya demam. Banyak orang terkejut bila sebenarnya kita tidak perlu menurunkan demam itu. Tetapi jika hal ini tidak membuat Anda tenang, berikut adalah langkah mudah mengatasi demam Anda dengan perawatan di rumah.

Istirahat cukup. Pada saat demam, hal tersebut berarti tubuh sedang melawan infeksi atau penyakit tertentu. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah tidur. Dengan tidur, tubuh memproduksi dengan lebih sel darah putih yang bertugas melawan virus dan bakteri. Tidurlah sekitar tujuh hingga sembilan jam pada malam hari, sampai suhu badan kembali normal.

Hindari memakai baju yang tebal. Pilihlah pakaian dengan bahan tipis supaya panas tubuh menguap dengan cepat.

Mandi dengan air hangat. Langkah ini sangat baik dilakukan, karena mempercepat proses evaporasi. Karena pembuluh darah melebar sehingga hawa panas dalam tubuh keluar dan menguap.

Baca juga: Sakit Kepala Karena Kehujanan?

Banyak minum air putih. Jagalah agar tubuh tetap mendapatkan asupan cairan. Terlebih pada saat demam karena suhu tubuh yang tinggi dapat menyebabkan dehidrasi lebih cepat. Minum banyak air putih mencegah dehidrasi dan mendinginkan tubuh Anda.

Minum obat sesuai petunjuk dokter. Pada saat demam sangat tinggi, ada saran untuk mengonsumsi obat penurun panas. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter bila demam tidak kunjung turun.

Konsumsi makanan sehat. Buah segar yang mengandung banyak cairan akan membantu menghidrasi tubuh Anda. Buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat demam. Anda bisa memilih jenis buah yang mengandung vitamin C, vitamin E, dan vitamin A (Betakaroten). Nutrisi-nutrisi ini mengandung antioksidan yang memperkuat sistem imun untuk melawan serangan penyakit. Anda juga perlu mengonsumsi makanan tinggi protein. Karena makanan ini mengandung banyak energi. Dan akan banyak membantu mempercepat pemulihan.

Pencegahan Demam

Pencegahan demam diusahakan dengan menerapkan pola hidup bersih. Selalu mencuci tangan jika terpapar benda atau lingkungan yang tidak steril. Menutup mulut dan hidung ketika batuk atau bersin. Dan tidak saling meminjamkan peralatan makan dan minum pribadi.

Baca juga: https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/fever

Oleh: pemanasair.com